#RamadanChallengeDay22: Lebay, Edisi Posko Mudik

Posko-ICJ-di-Prambanan-dok
Salah satu Posko Mudik di Prambanan, gambar dari sini

Gambar di atas adalah salah satu pemandangan saya ketika berangkat kerja, tepatnya di daerah Prambanan. Beberapa puluh meter sebelumnya, berdiri juga posko serupa, yang pada awal melihatnya tiba-tiba membuat saya sok sentimentil. Posko mudik, oh posko mudik. Melihatnya maknanya cuma satu. Syawal yang mengintip di balik pintu, dan Ramadan yang segera berlalu.

Ada yang bilang, gambaran betapa berharganya sesuatu baru akan nampak saat ia sudah pergi. Duh…

Seorang ustad yang mengisi kultum menjelang tarawih di masjid dekat rumah pernah menyampaikan bahwa Ramadan itu bulan panen. Sebab di bulan inilah Allah seakan jor-joran memberikan pahala bagi kita, bahkan melipatgandakan berkali-kali dengan luar biasa. Namun bagi saya, ada sedikit pemaknaan yang berbeda. Ramadan itu Bulan Pembiasaan Kebaikan. Kita diajak untuk terbiasa salat malam lewat tarawih. Kita didorong semakin rajin mengaji dengan tadarus bersama-sama, bahkan juga terinspirasi untuk mampu menbaca Al Qur’an dengan lebih baik karena melihat bacaan rekan lain yang lebih baik! Kita juga di’goda’ untuk semakin banyak bersedekah melalui pelipatgandaan pahalanya. Bahkan kesemuanya itu kemudian disegel dengan janji Allah sendiri bahwa setan telah dibelenggu dalam sebulan agar tidak menggoda kita. Lumayan kan, musuhnya berkurang satu, hehe. Lalu apa gunanya pembiasaan itu, ya tentunya agar kita semakin tangguh lagi dalam menjalani kesebelas bulan berikutnya 🙂

Sehingga di awal Syawal nanti, kemenangan sesungguhnya baru akan mulai diuji. Sebanyak apa kebiasaan baik yang mampu kita pertahankan?!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s