​#RamadanChallengeDay6: Pancasila dalam Perspektif Kebangsaan

Aaakkk judulnya berat lagi 😀
Ya saya kan juga kepengen meramaikan hari libur nasional kali ini. Hari Lahir Pancasila.

Sudah sah #kekinian belum?! 😀

Satu hal yang saya salutkan dari lahirnya Pancasila adalah kecerdasan para pendiri Bangsa untuk merangkum nilai-nilai kebaikan universal dalam bahasa yang keren sekaligus benar dalam berbagai perspektif. Taruhlah kita ambil sila pertama, Ketuhanan yang Mahaesa; lalu saya akan memandangnya lewat perspektif agama saya. Beres lah, beres pakai banget malahan 🙂 Apalagi pada sila-sila selanjutnya, Kemanusiaan yang adil dan beradab. Ada yang tega komplain?! Persatuan Indonesia. Kelirunya di mana kalau kita diharapkan bersatu?! Kerakyatan yang dipimpin oleh kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan. Bijaksana dalam bermusyawarah mewakili rakyat yang jumlahnya segambreng begini salahkah?! Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Ada yang menolak keadilan sosial?!

Dalam perspektif kebangsaan, telah jelas kita tegak di atas pilar keberagaman. Beragam dalam hal apapun; dari jenis kelamin *hedeh…*, beragam agama, suku bangsa, hingga beragam pilihan gawai *wkwk…* Dan ketika kumpulan keberagaman tersebut bersepakat untuk menjadi satu kesatuan bernama Bangsa Indonesia, penting sekali selanjutnya untuk menemukan dasar kebangsaan yang melintasi segala batas keberagaman. Adakah sila dari Pancasila yang bertentangan dengan nilai agama? Adakah sila Pancasila yang mencederai harkat kemanusiaan kita? Dalam perspektif kebangsaan, #beragamituseru. Dalam kehidupan bernegara, #berbedaitumemperkayajiwa.

Sekali lagi, founding fathers kita cerdas ya dalam mempersatukan. Saluut…

Saat-saat sekarang ini, ujian rasa bersatu kita sebagai bangsa mungkin sedang dalam level tinggi. Tapi ingat,…sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan. Itu Allah sendiri lho ya yang janji, hehe. Semoga ujian ini membawa kita pada kedewasaan dalam hidup bersama sebagai Bangsa Indonesia. Yang keberagaman dan kerukunannya memukau dunia. insyaAllah. 

Saya Indonesia, Saya Pancasila. Kalau anda?! 😉

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s